7 Hal Jika Ingin Sukses Dalam Belajar

Belajar, sekolah dan menuntut ilmu. Semua orang pasti di wajibkan untuk menuntuk ilmu setinggi-tinggi nya. Tapi bagaimana caranya agar ilmu kita dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri juga orang lain? Simak penjelasannya dibawah!


1. Manfaatkan Waktu Semaximal Waktu

Waktu adalah uang begitu katanya semua orang menafsirkannya, kenapa? Membuang-buang waktu hanya akan merugikan diri kita sendiri, sedikit saja waktu terbuang, seribu manfaat bagi kita juga akan hilang. Contohnya ketika ada waktu senggang, manfaatkan dengan membaca buku, mengulas kembali pelajaran yang sudah di ajar kemarin di sekolah atau kampus, jangan malah buka media sosial, kecuali membaca artikel-artikel yang sangat bermanfaat.

2. Membuat Catatan Singkat atau To-Do List

Sangat penting sekali membuat jadwal yang tersusun karena kita akan lebih rapih dalam mengatur waktu. Catathal hal apa yang kita kerjakan, lebih baiknya membuat buku diary kecil, baca kembali dan review lagi jika saja ada yang perlu kita perbaiki. Kemudian buat daftar yang tersusun secara sistematis dari mulai catatan apa yang akan kita kerjakan dari pagi sampai hendak tidur. Dengan begitu kita akan berusaha mencapai ke hari-hari yang lebih baik lagi dengan di manaj nya waktu kita sendiri.

3. Pergunakan Waktu Liburan Sebaiknya

Satu semester berlalu UAS pun selesai, liburan kini datang. Apa yang akan anda lakukan pada liburan semester kali ini? Pasti sudah di persiapkan jauh-jauh hari, ada yang mau liburan ke pantai, ke gunung, atau dirumah saja bermalas-malasan tidur seharian. Ada baiknya liburan digunakan untuk me-refresh kembali otak kita. Mengunjungi tempat indah memang favorit setiap orang, tapi dilihat dari budget orang tersebut apakah kita mampu untuk bisa pergi liburan dan mengeluarkan banyak uang? Jika tidak mampu jangan paksakan yang ada bukan otak kembali segar, malah kepenatan kian bertambah. Untuk yang minim budget, bisa lakukan liburan yang bermanfaat, contoh seorang perempuan bisa belajar masak juga nongkrong dirumah bersama teman-teman yang tentu tida akan mengeluarkan biaya. Apapun tempat liburannya, niat berlibur untuk menghilangkan kepenatan kita, pergunakan liburan dengan baik dan tetap irit pengeluaran.

4. Pelajari Hal Baru Yang Teman Lakukan

Mempelajari banyak hal tentu akan membuat kita bertambah ilmu. Anda di jurusan IPA? IPS? Kesenian? Jika anda misalnya sekarang sedang menuntuk ilmu di bidang exact atau IPA, jangan hanya mempelajari tentang IPA saja, coba sedikit-sedikit memahami pelajaran Kesenian, Bahasa dll. Teman anda berbeda jurusan dengan anda? Jangan sungkan untuk berbagi ilmu dengannya, karena orang sukses itu yang segalanya bisa ia kerjakan dan ia mengetahui tentang konsep pelajaran.

5. Hilangkan Pilih-pilih Teman

Mungkin masa SD atau SMP dulu ada istilah geng-gengan, segeralah masa itu di hilangkan, SMA dan Kuliah anda sekarang sudah dewasa, bergaul dengan teman yang latar belakangnya berbeda tentu akan membuat kita banyak pengalaman yang beragam. Jangan malu berteman dengan siapapun, semua manusia sama mempunyai kelebihan juga kekurangan. Justru banyak kenalan teman kita bisa mengetahui informasi lebih luas.

6. Setelah Lulus Segeralah Melamar Kerja

Sekarang anda fresh graduted? Segeralah setelah lulus atau wisuda anda langsung melamar pekerjaan, jangan tunggu setahun untuk beristirahat dan menghilangkan stress setelah sekian lama menuntut ilmu. Perusahaan yang anda lamar jika anda menunggu setahun justru anda akan di cap pemalas, dan mengurangi nilai plus anda walaupun nilai anda cukup memuaskan. Melamarlah pekerjaan sesegera mungkin, buat lamaran yang baik dan menarik untuk menjadi pekerja keras yang dibutuhkan perusahaan. Jangan tunggu sukses dengan membuang waktu walau hanya sekedar menghilangkan stress setelah sekian lama menuntut ilmu.

7. Selalu Berdoa Kepada Sang Pencipta

Dari keenam poin di atas tentu jangan lupakan satu poin yang penting ini, ya berdo'a. Berdo'a akan membantu kita menenangkan bathin kita dan membantu kita menemukan cara apa yang kita inginkan. Tidak hanya berusaha dengan kemampuan kita, juga harus dibantu dengan do'a yang akan membuat kita dipermudah segala urusan kita.

Pengarang : Ade Yazid Himi

Comments