Kebakaran TPA Kab. Ciamis di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang

Siang kemarin 20/08/2015, sekitar pukul 14.00 TPA Kab. Ciamis yang tepatnya di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Kec. Cijeungjing, Ciamis di lahap si jago merah. Api dengan cepat menyebar dan melahap tumpukan sampah yang berada di TPA tersebut sehingga mobil Damkar dari Kab. Ciamis di kerahkan. Tidak hanya satu mobil Damkar saja untuk menjinakan api tersebut, 3 sekaligus mobil Damkar di datangkan ke TKP untuk menjinakan api.

Penyebab terjadinya kebakaran di duga dari salah seorang yang membuang puntung rokok ke tumpukan sampah yang berada di dasar TPA dekat sungai Cipalih, api dengan cepat merambat ke atas karenan angin yang sangat besar dan keringnya lokasi karena musim kemarau menjadi salah satu faktor penyebab terjadi kebarakan di TPA Kab. Ciamis tsb.
Api baru bisa di padamkan setelah beberapa jam 3 mobil Damkar di kerahkan. Belum tercatat berapa kerugian material di lokasi akibat kebakaran tsb.

Dampak dari kebakaran tsb hingga dini hari 21/08/2015 hampir seluruh Desa Handapherang di selimuti asap dan bau plastik terbakar yang tidak sedap dan mengganggu pernafasan.
Penulis : Ade Yazid Hilmi

Comments