Tidak Adanya SISKAMLING di Dusun Guha, Handapherang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sistem Keamanan Lingkungan atau disingkat SISKAMLING, sudah menjadi bagian pengamanan dari setiap daerah di pedesaan dimana setiap kampung atau dusun biasa melaksanakan siskamling malam hari. Namun kegiatan itu nampaknya di Dusun Guha ini tidak terlaksana. 5 RT yang berada di Dusun Guha Desa Handapherang ini tidak ada satupun yang melaksanakan siskamling, entah itu karena tempat atau pos ronda yang kurang memadai, entah itu karena warga merasa aman karena jarang terjadi pencurian meskipun ada diantaranya yang kehilangan karena maling.

Meskipun daerah tersebut aman, tidak menutupi kemungkinan maling atau pencuri tidak menyatroni rumah warga atau hewan peliharaan warga. Siskamling wajib di setiap daerah jangan setiap kali terjadi pencurian baru siskamling aktif kembali.

Memang kondisi pos ronda di Dusun Guha ini dari seluruh RT kondisi bangunannya sudah jelek, ada yang di pakai untuk penyimpanan bahan bangunan, ada yang sudah tak terurus sehingga tidak mungkin untuk di tempati juga sebagian RT tidak mempunyai pos ronda. Yang terbilang masih layak untuk di tempati hanya satu pos ronda, itupun karena pos ronda dekat dengan warung, namun kondisinya pun seiring berjalannya waktu pos tersebut semakin rusak, juga meskipun setiap malam di tempati jarang yang melakukan siskamling hanya untuk berkumpul saja itupun jarang sekali anak-anak atau warga yang sampai tengah malam diam disana.

Setiap dusun di Desa Handapherang minimal satu titik pos ronda selalu melakukan kegiatan siskamling, hanya di Dusun Guha saja yang tidak ada sama sekali. Kami dari perwakilan warga yang merasa penting sekali dengan kegiatan siskamling, berharap dari aparat desa atau dari pimpinan desa bisa mensosialisasikan kembali betapa pentinnya siskamling dan menerapkan siskamling di setiap dusun yang ada di Desa Handapherang, terutama di DUSUN GUHA ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pengamana lingkungan di awal sebelum terjadi tindak kriminal pencurian lebih baik daripada menunggu ada yang kehilangan terus kegiatan siskamling di aktifkan.

Wassalam.

Comments