Sektor Usaha Masyarakat Dusun Guha Dibidang Pertanian, Perikanan dan Peternakan

 
Sebagai bangsa yang (katanya) agraris, Indonesia tentulah diberkahi Oleh Sing Duwe Urip tanah yang subur dan kondisi tropis yang sangat mendukung untuk bercocok tanam dan beternak. Tanah yang gemah ripah loh jinawi ini tentu seharusnya bisa menjadi aset bangsa yang berharga dan sudah semestinya dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemakmuran bangsa.
          Salah satu usaha yang bisa di jalankan di suatu daerah adalah dalam usaha mengolah tanah dan keadaan alam di daerah tersebut, bisa berupa memanfaatkan lahan untuk pertanian dan perkebunan juga bisa di jadikan peternakan karena sumber pangan di daerah tersebut sangat banyak dan berkualitas baik bagi ternak tersebut.

1.       Bidang Pertanian
            Di Dusun Guha usaha warga sangatlah beragam, mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani, mungkin tidak hanya di Dusun Guha saja, kembali ke kata agraris tadi, memang Indonesia ini mayoritas warganya bertani dan bercocok tanam. Dalam mengolah keadaan tanah yang dibilang cukup subur, warga kebanyakan menanam padi pada musim penghujan dan biasanya menanam tumbuhan seperi jagung, ketela pohon, umbi jalar dll, sehingga dalam setahun atau dua musim tersebut lahan di Dusun Guha tidak pernah terbengkalai atau tidak pernah berhenti untuk terus di optimalkan pemanfaatannya.
            Tanaman padi di Dusun Guha merupakan sektor usaha yang pertama dalam bidang pertanian, tanahnya yang subur dan akses lahan yang dekat dengan rumah warga sehingga mudah untuk di pantau pertumbuhannya dari mulai ditanam hingga sampai panen. Juga menambah panorama atau keindahan dengan hamparan tanaman padi yang menghijau.

 Gambar. Tanaman Padi Di Dusun Guha

                Tumbuhan padi memang banyak di Indonesia dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan padi-padi milik luar negeri, tapi pemerintah selalu impor dari Vietnam. Padahal kualitas tanaman padi di Indonesia juga banyak dan sangat bagus kualitasnya.
                Tidak hanya tumbuhan padi saja yang di tanam di Dusun Guha, ketika memasuki musim kemarau sesudahnya panen padi, warga memilih untuk menanam kembali lahan yang bekas di tanami padi, misalnya dengan tumbuhan jagung, ketela pohon dll seperti yang sudah admin tulis di atas.

Gambar. Tanam Jagung

Gambar. Tanaman Jagung

                Memang kaya negeri ini dan hampir semua tanaman dapat tumbuh di Indonesia. Ekonomi masyarakat menengah kebawah di tunjang oleh adanya lahan yang baik di sektor pertanian. Pemanfaatan lahan yang ada dengan semaximal mungkin dapat menghasilkan pruduk yang berkualitas dan mampu untuk bersaingan dengan negara-negara lain.


2.       Bidang Perikanan dan Peternakan
Untuk sektor peternakan dan perikanan beberapa warga beternak beberapa hewan ada yang memelihara ikan, ayam petelur dan pedaging juga sapi. Perairan yang terus mengalir dan kolam-kolam ikan yang banyak juga menjadi penunjang untuk memelihara ikan.
Gambar. Bidang Perikanan

                Memelihara ikan tidaklah terlalu sulit hanya membutuhkan kolam yang lumayan besar dan saluran air yang terus mengalir, contohnya bibit ikan gurame milik salah seorang warga Dusun Guha ini yang siap untuk di sebar ke berbagai kolam-kolam ikan warga. Tidak hanya ikan gurame saja yang di budidayakan, banyak di antara nya membudidayakan ikan mas, nila, juga beli.
                Untuk peternakannya salah satu contoh yaitu Bapak Entis yang memelihara ayam petelur, juga Bapak Burhan. Antara usaha perikanan dan peternakan saling menguntungkan, kandang ayam yang dibuat di atas kolam ikan dapat memberi pakan alami untuk ikan sehingga membuat ikan sehat.

Gambar. Bidang Peternakan


Gambar. Bidang Peternakan

                Setiap harinya untuk usaha peternakan ayam petelur dapat menghasilkan ratusan ribu rupiah, tidak hanya uang yang di dapat dari usaha peternakan tersebut, dari perikanannya tentu membuahkan hasil dengan membuat kualitas ikan menjadi sehat karena pakan alami dari kotoran ayam petelur, warga memanfaatkannya dengan adanya kolam ikan serta kandang ayam di atasnya dapat menjadi sumber penghasilan yang dobel dan tentu bermanfaat.
                Dari sektor usaha tersebut di atas Kampung atau Dusun Guha hanya sebagian kecilnya saja dari berbagai macam usaha di sektor pertanian, perikanan dan peternakan, hanya sebagai contoh kehidupan warga di Dusun Guha semoga dapat menjadi inspirasi untuk warga-warga lain untuk mempromosikan daerahnya masing-masing. Akhir kata penulis ucapkan banyak terima kasih kepada pembaca, Wassalam.

Comments