Penampakan Goa Kerud Di Kampung Guha


Goa Kerud yang ditemukan masyarakat yang sedang mencari madu odeng ini kini menjadi primadona kekayaan alam di Dusun Guha. Goa tersebut di yakini sebagai tempat persembunyian di masa penjajahan Kolonial Belanda zaman dulu. Dari Goa tersebut, nama Dusun Guha kini menjadi bukti bahwa memang di daerah tersebut terdapat Goa yang tadinya di jadikan tempat persembunyian masyarakat pada zaman Penjajahan Belanda. Memang tidak hanya Goa Kerud saja yang terdapat Goa di Dusun Guha, hanya saja Goa yang masih tersisa sebagai bukti hanya Goa Kerud saja, seiring dengan waktu dan kurangnya perawatan Goa-goa yang lain runtuh dan tidak ada bekasnya.


Kini Goa tersebut banyak di bicarakan oleh orang-orang dan menjadi daya tarik karena banyak orang-orang yang penasaran untuk melihat Goa tersebut dari dekat. Untuk mencapai Goa tersebut sangatlah sulit karena berada di tebing sungai Citanduy, untuk sampai ke Goa tersebut harus menggunakan seutas tali tambang agar mempermudah melalui jalanan yang bertebing.
Keberadaan Goa Kerud bisa di jadikan sebagai destinasi wisata di Kampung Guha karena merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari masa kolonial Belanda.
Juga di sekitara Goa Kerud terdapat Curug Ciaren dan Kawasan Raden Patih.

Comments